Tuesday, October 04, 2011

KENDALA DALAM MEMPELAJARI BAHASA INDONESIA


KENDALA DALAM MEMPELAJARI BAHASA INDONESIA

kendala dalam mempelajari bahasa Indonesia  bagi para siswa dapat saja terjadi, kendala yang sering timbul yaitu kurangnya minat belajar dari siswa. Sehingga apabila kondisi ini tidak segera ditangani, maka akan membuat siswa menjadi pasif (tidak aktif), tidak ada niat, tidak ada gairah, keseriusan, tidak ada semangat dari siswa dalam menerima pelajaran bahasa Indonesia.
Pemecahan masalah siswa bersemangat/tidak berminat dalam pelajaran bahasa Indonesia ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu dengan guru harus meneliti kembali apakah dalam penyampaian materi pelajaran dari guru terlalu monoton, tidak bervariasi sehingga anak bosan dan jenuh mengikuti pelajaran, Sebagai pengajar, guru harus bisa membangkitkan minat belajar siswa dengan penyampaian materi pelajaran yang variatif dan menarik, sehingga dapat memancing siswa agar aktif dan mencerna pelajaran dengan baik.
Jika benar itu penyebabnya, maka guru harus memperbaiki diri, mengubah pola pembelajaran yang membosankan tersebut. Guru perlu merancang kembali pembelajaran yang lebih menarik, membangkitkan rasa ingin tahu pada diri anak, mendorong anak menjadi lebih aktif, meningkatkan kreativitas anak guru harus bisa membangkitkan minat belajar siswa dengan penyampaian materi pelajaran yang variatif dan menarik, sehingga dapat memancing siswa agar aktif dan mencerna pelajaran dengan baik.
Guru juga dapat menggunakan pendekatan-pendekatan tertentu, menerapkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran dan sesuai dengan karakteristik anak. Untuk mendukung hal tersebut guru perlu memperdalam/menambah pengetahuannya dan memperluas wawasannya baik tentang profesi keguruan maupu tentang pengetahuan lainnya.
Faktor lain seperti kondisi lingkungan tempat belajar, adanya dukungan dari orang tua siswa juga dapat mempengaruhi minat belajar siswa, sehingga apabila hal itu dapat diterapkan dengan baik, maka adanya kendala dalam mempelajari bahasa Indonesia di sekolah dapat di atasi.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons