Thursday, May 30, 2013

Komponen-Komponen PC

Sebuah Personal Computer (PC) terdiri atas berbagai macam komponen, antara lain :

·      Casing




Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.



Casing untuk komputer berprocessor s/d 2 (P II) adalah model AT. Setelah perubahan tingkatan menjadi P III dan IV maka casing menyesuaikan powernya dengan menambah fasilitas dan daya serta design maka menjadi ATX. Perbedaan pada kedua jenis casing ini adalah pada output power dan jenis soket untuk menunjang Main Board yang ada.



·         Power Supply




Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.





·         Motherboard / Mainboard


Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.




             ·         Prosessor





 Processor atau juga disebut dengan Central Processing Unit (CPU), dilambangkan dengan ┬ÁP atau uP adalah sebuah hardware yang melaksanakan perintah (Instruksi) serta mengolah data dari Software.CPU diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket chip atau IC (Integrated Circuit) tunggal.Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor chip tunggal ini telah umum dalam implementasi CPU. CPU terbentuk dari kumpulan jutaan transistor yang terletak dalam sebuah paket chip atau IC (integrated Circuit) semikonduktor. Bentuknya kecil, IC ini terbuat dari lempengan silikon.

CPU berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari RAM (Random Access Memory) atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa Hardware, seperti Keyboard, Scanner (Pemindai), Control Panel dan Mouse. CPU dikendalikan oleh sekumpulan instruksi dari software komputer.Instruksi dari software tersebut dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, yaitu hard drive, floppy drive, dan CD/DVD ROM/RW Drive. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Saat sebuah program dijalankan (diekseskusi), data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus (baca : saluran bus pada segmen Motherboard), yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian diterjemahkan kedalam kode-kode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi. Data kemudian berjalan ke Aritmatic Logic Unit (ALU) yang melakukan perhitungan dan perbandingan.Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan registry, supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam registry, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke RAM, media penyimpan, atau registry, bila akan mengolah hasil pemrosesan selanjutnya. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.

·         Memori




RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Jenis Slot RAM berbeda-beda sesuai motherboard, yaitu slot SDRAM,



   







·         VGA Card



Video card adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Jenis Slot yang digunakan oleh VGA Card adalah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.

Dalam sebuah motherboard sudah terpasang sebuah vga namun jenis ini tidak berbentuk keping card seperti VGA Card yang disebut VGA Onboard.









·         Sound Card



Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer.Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:



-     Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.

-     Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.

-     Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB.


                      ·         Hardisk





Hard drive adalah media untuk menyimpan data dan sebagai sistem untuk menjalankan semua program yang ada pada computer. Jenisnya sangat banyak dari bermacam-macam perusahaan hard drive.Hard disk memiliki keterbatasan waktu pakai, tetapi lamanya tergantung dari frekuensi pemakaian dalam komputer tersebut. Jika dinyalakan nonstop 24 jam, maka usia hardisk tersebut tidak lebih dari 2 tahun atau ekuivalen dengan 6000-7000 jam saja.

Proses pembuatan hard disk sendiri terdiri atas lapisan magnetic yang disemprotkan pada bagian permukaan plat secara halus dengan teknologi tinggi (Susan B. Sasser dkk, 1996). Seperti halnya floppy disk maupun cdroom, maka proses pembuatan hard disk adalah sama. Jika head floppy disk bentuknya besar, maka pada hard disk lebih kecil. Disamping itu setiap piringan pada hardisk harus berputar dengan kecepatan tinggi, sehingga wajar kalau dalam kurun waktu tertentu arus diganti dengan yang baru.

Pada hard disk yang berkecepatan rendah (5400 rpm) biasanya harganya lebih murah dibanding dengan yang berkecepatan tinggi yaitu 7200 rpm, meski dengan jumlah kapasitas yang sama. Untuk hard disk yang berkecepatan tinggi lebih sering dijumpai pada pengguna server untuk jaringan (Network).Sedang untuk yang berkecepatan rendah biasanya digunakan pada komputer pribadi dirumah-rumah atau dikantor yang tidak menggunakan jaringan.

Keuntungan menggunakan yang berkecepatan tinggi adalah untuk akses program maupun menyimpan data lebih cepat, tetapi dalam tanda kutip bahwa beda antara keduanya tidak terlalu mencolok, sehingga tidak dapat dilihat dengan jelas bedanya.


                       ·         Floppy Disk Drive






 Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.



     ·         Optical Disk Drive





Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya.Optical disk drive memiliki interface yang berbeda sesuai motherboard, yaitu IDE, SATA, atau lain sebagainya.



Jenis – jenis DVD :

-       DVD-R for General, hanya sekali penulisan.

-       DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan.

-       DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali.

-       DVD-RW, dapat ditulis berulang kali.

-       DVD+RW, dapat ditulis berulang kali.

-       DVD+R, hanya sekali penulisan.

·         Komponen Priferal, komponen ini adalah komponen yang digunakan untuk masukan atau keluaran suatu PC, komponen ini antar lain : mouse, keyboard, monitor, printer, dll.
1. Mainboard
mainboard merupakan papan (board) induk dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dan lain-lain. Dengan maraknya merek mainboard di pasaran, yang sangat banyak ragamnya, diperlukan beberapa pertimbangan antara lain:
    Apakah mainboard tersebut dapat menunjang komponen lain, seperti VGA, Modem, TV Toner dan lain-lain yang berkaitan dengan operasional komputer.
    Jika pertimbangan harga, maka fasilitas internal board atau onboard yang ada di dalamnya sebaiknya yang dipilih. Hal ini dapat menghemat biaya untuk pembelian komponen lain, namun tetapi tidak semua jenis mainboard menggabungkan fasilitas-fasilitas tersebut.
    Perhatikan berapa banyak slot PCI yang tersedia, ini untuk memudahkan kita mengganti komponen onboard, jika mengalami masalah.
Pemilihan paket mainboard yang baik adalah dari produsen yang menyertakan spesifikasinya, sehingga di kemudian hari akan mudah jika ingin ditingkatkan kinerjanya, misalkan dengan memperhatikan kemampuan Processor Support, Memory support, Expansion Slots, Power Supply & Management, Graphics System, On-board I/O port, Hardware monitoring dan komponen lain yang tersedia pada mainboard tersebut.
2. Processor
Semakin tinggi kemampuan processor yang dipilih semakin mahal harganya, tapi kita harus mempertimbangkan mainboard yang kita miliki, apakah sanggup atau tidak dengan processor yang akan dibeli. Jenis processor dimulai dari 8086/8087-XT hingga Pentium IV-2.8 Giga Byte, yang membedakan dari processor ini adalah faktor kecepatan proses data yang terjadi dalam mainboard. Pada processsor 8086/8087-XT, kecepatan untuk memproses data adalah sekita 4 Mhz, sedangkan Pentium IV-2.8 Giga Byte artinya kecepatan memproses datanya sampai 2.8 Giga byte per detik, bisa kita bayangkan betapa cepatnya mainboard dalam memproses data.

Banyak produsen yang mengeluarkan produk ini diantaranya; Intel Pentium, IBM, AMD, CYRIX/VIA dan masih banyak lagi.

3. Random Access Memory (RAM)
Pada awalnya, komputer menggunakan SIMM RAM, EDO RAM, SD RAM, dan pada saat ini DD RAM. Fungsi RAM adalah sebagai alat untuk mempercepat proses pengolahan. Pemilihan jenis dan besarnya RAM juga tergantung dari mainboard yang ada, apakah dapat mendukung atau tidak. Setiap mainboard memiliki batas maksimum dalam pemakaian RAM. Ini dapat dilihat dari spesifikasi dari mainboard tersebut. Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan jenis RAM ini, pertama jumlah pin dari RAM tersebut, dimana harus disesuaikan dengan slot yang ada di mainboard dan yang kedua adalah produsen yang mengeluarkan.

4. Disk drive/Floppy disk
Disk drive disebut juga sebagai magnetic disk unit (satuan cakram magnetik) sebagai penggerak media yang mempunyai beberapa macam ukuran, yang berkembang sekarang ukurannya 3,5 inchi. Umumnya floppy disk ini sebagai alat komunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya, dimana dengan cepat kita mendapatkan dokumen dari satu komputer ke komputer lain, dengan cara menduplikasikan data tersebut ke dalam floppy disk dari komputer A, lalu kita bawa ke komputer B, untuk diduplikasikan ke dalam komputer tersebut. disk drive ini juga, sering menjadi media penularan virus komputer.\

5. Hard disk
Hard disk adalah media utama untuk menyimpan data dan sebagai tempat menyimpan sistem yang dibutuhkan komputer untuk menjalankan semua program yang ada. Hard disk memiliki keterbatasan waktu pakai, tetapi lamanya tergantung dari frekuensi pemakaian dalam komputer tersebut. Jika dinyalakan tanpa henti selama 24 jam, maka usia hard disk tersebut tidak lebih dari 2 tahun atau ekuivalen dengan 6000-7000 jam saja.
Pada hard disk yang berkecepatan rendah (5400 read per minutes) biasanya harganya lebih murah dibanding dengan yang berkecepatan tinggi yaitu 7200 rpm, meski dengan jumlah kapasitas yang sama. Ini dikarenakan perbedaan kecepatan baca dari hard disk tersebut. Untuk hard disk yang berkecepatan tinggi lebih sering dijumpai pada pengguna server untuk jaringan (Network). Sedang untuk yang berkecepatan rendah biasanya digunakan pada komputer pribadi di rumah-rumah atau di kantor yang tidak menggunakan jaringan.
Keuntungan menggunakan yang berkecepatan tinggi adalah untuk akses program maupun menyimpan data lebih cepat, tetapi dalam tanda kutip bahwa beda antara keduanya tidak terlalu mencolok, sehingga tidak dapat dilihat dengan jelas bedanya.

6. Casing
Merupakan kotak tempat peletakan komponen-komponen pemrosesan di dalam komputer. Casing terbagi dua jenis yaitu jenis AT dan ATX. Yang membedakan dari kedua jenis ini penggunaan power supply. Pada casing AT, tidak dapat secara otomatis mematikan power untuk sistem, penggunanya harus menekan tombol power yang umumnya terdapat di bagian depan casing, sedangkan untuk ATX sebaliknya. Casing AT sudah jarang digunakan, para pengguna komputer lebih banyak menggunakan cassing ATX.
 Yang paling penting diperhatikan dalam memilih casing adalah kekuatan pada power dan jumlah kipas sebagai pendingin/fan. Selain itu, output listrik yang dikeluarkan dan banyak kabel output untuk keperluan pendingin atau untuk menambah kipas.

7. CD ROM/DVD ROM Read or Write
Sekarang ini tidak hanya jenis CD DRIVE yang beredar, tetapi juga DVD sudah beredar luas, harganya pun terjangkau. prinsip kerja keduanya sama, sebagai media baca dan tulis. Perbedaan yang nyata pada kedua jenis drive ini adalah untuk DVD kapasitas penyimpanannya lebih besar dari CD ROM.
Sekarang ini, kecepatan CD DRIVE untuk baca sudah mencapai 56x, tidak ada perbedaan yang signifikan antara yang berkecepatan rendah dengan yang berkecepatan tinggi dalam hal penayangan gambar maupun lagu. Perbedaan baru terasa dalam hal transfer data atau pembacaan data saja.
Dalam memilih CD/DVD ROM, kita harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya adalah berapa besar transfer/baca data yang sering kita lakukan, seberapa sering kita menggunakan multimedia dalam membantu pekerjaan kita, juga kondisi dana yang tersedia dan merek CD/DVD yang akan kita beli.
8. Keyboard
Sebelum tahun 90an, keyboard masih sangat terbatas fasilitasnya. Saat ini, jenis keyboard mulai disesuaikan dengan perkembangkan multimedia yang ada, dimana pada keyboard terdapat tombol tambahan yang dapat digunakan seperti power down, cd player dan connect internet. Selain itu, bentuk koneksinya pun tidak harus dengan menggunakan kabel lagi, tapi bisa dengan teknologi wireless. Untuk keyboard jenis ini kemampuan tangkapnya pada radius 5-7 m dalam open room atau ruangan terbuka.

9. Mouse
Mouse juga berkembang dengan pesat, mulai dari yang tanpa kabel wireless hingga yang berjenis optic. Beberapa perusahaan ada yang mengeluarkan produk secara 2in1 (keyboard dan mouse) ada pula yang mengeluarkan 3in1 ( keyboard, mouse, plus speaker).

10. Monitor
Monitor adalah alat untuk menampilkan teks atau gambar dari komputer. Ukuran monitor sama dengan ukuran televisi, yakni didasarkan pada panjang diagonal dari area yang dapat kita lihat. Ukuran monitor desktop, saat ini berukuran 14”, 15”, 17”, 19” dan 21”. Untuk ukuran ketajaman gambar dari monitor ditentukan dari jumlah piksel (picture element) dapat digambarkan oleh kartu grafis pada monitor. Piksel adalah elemen terkecil untuk menyatakan suatu image atau gambar. Semakin besar resolusi monitor, maka akan semakin bagus pula kualitasnya. Gambar akan semakin jelas dan halus. Ukuran umum untuk resolusi monitor yang banyak beredar sekarang adalah 800x600 (SVGA), 1024 x 768 (XGA), 1280x1024 (SXGA) atau 1600x1200 (UXGA).

11. VGA Card
VGA card (Graphic adapter) merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. Dalam perkembangannya, produsen VGA card berlomba-lomba untuk menciptakan kemampuan lebih dari sekedar menampilkan teks dan grafis, tapi sudah bisa menampilkan bentuk 3 dimensi ataupun tampilan yang diinginkan untuk para penggemar game.

12. Soundcard
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, sound card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Sekarang ini bentuk dan model sound card sangat beragam. Selain itu juga, para vendor telah menciptakan chip sound card dalam satu kesatuan dengan mainboard, sehingga sangat efisien baik dari segi harga maupun output yang dihasilkan.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons